Jumat, 25 Februari 2011

KEAGUNGAN MAULID NABI

KEAGUNGAN MAULID NABI
Ust. Asy`ari Masduki, MA


Keajaiban Di Saat Aminah Mengandung Rasulullah
Diceritakan bahwa ketika sayyidah Aminah mengandung Rasulullah, beliau menyaksikan burung - burung pada jinak dan hinggap pada beliau, setiap kali beliau ke sumur untuk mengambil air minum, tiba - tiba air sumur tersebut naik dengan sendirinya ke permukaan sumur sebagai bentuk pengagungan terhadap Rasulullah. Beliau juga selalu mendengar bacaan tasbih  para malaikat yang ada disekitar beliau.

Sayyadah Aminah menceritakan bahwa pada suatu malam beliau bermimpi melihat sebuah pohon yang diatasnya terdapat bintang - bintang yang bersinar, diantara bintang - bintang tersebut terdapat satu bintang yang cahayanya lebih terang dari pada bintang - bintang yang lainya. Bintang tersebut kemudian jatuh ke dalam kamar beliau, pada saat itu beliau mendengar suara malikat, mengatakan : "ini adalah nabi rasul".

Pada pagi harinya, berdasarkan saran dari suaminya (sayyid Abdullah), beliau menanyakan penafsiran mimpi tersebut pada khalifah bin Attab (seorang ahli tafsir mimpi ketika itu). Khalifah bin Attab mengatakan : "pohon tersebut adalah gambaran dari nabi Ibrahim dan bintang - bintang yang berada di atasnya adalah gambaran dari anak - anak nabi Ibrahim yang diangkat menjadi nabi, sedangkan satu bintang yang cahayanya lebih Terang dari pada bintang - bintang yang lain adalah gambaran dari seorang nabi yang akan lahir pada masa sekarang, adapun jatuhnya bintang tersebut di kamarmu adalah karena kamu yang akan melahirkanya"

Selama hamil, pada setiap bulan para nabi datang menjenguk sayyidah Aminah. Mereka adalah Nabi Adam , Nabi Syits, Nabi Idris, Nabi Musa, dan Nabi Isa 'alaihissalam. Seluruhnya datang untuk mengucapkan salam pada Rosulullah Muhammad Shallallahu'alaihi wasallam, dan memberikan kabar gembira pada sayyidah Aminah, tentang kemulyaan dan keagungan bayi yang sedang dikandungnya. Peristiwa ini membuktikan bahwa para Nabi hidup didalam kuburnya, dan dapat memberi manfaat pada orang yang bertawasul dengan mereka.

Keajaiban Di Hari Kelahiran Rosulullah SAW
Pada hari senin malam tanggal 12 Rabiul Awwal, Sayyidah Aminah tinggal sendirian dirumahnya. Padahal pada malam itu, Sayyidah Aminah telah mulai merasakan bahwa bayi yang ada dalam kandungannya akan segera lahir. Sehingga beliau menangis, bersedih karena beliau sendirian didalam rumah. Pada saat itu tiba-tiba datang 4 orang perempuan dengan perawakan tinggi, cantik dan beraroma sangat wangi. Mereka adalah empat perempuan yang paling mulia dalam islam yaitu  Maryam Binti Imran, Sarah istri Ibrahim, Hajar Ibu Isma'il, dan Asiyah binti Mazahim istri Fir'aun. Mereka datang untuk menghibur  dan memberikan kabar gembira kepada Sayyidah Aminah akan lahirnya manusia pilihan Rasulullah Shallallahu 'alaihi wasallam.

Tidak seperti umumnya perempuan ketika melahirkan, Sayyidah Aminah sama sekali tidak merasakan rasa sakit pada saat melahirkan Rosulullah. Beliau hanya mengeluarkan keringat yang sangat wangi bak minyak misk. Ketika beliau mengeluh kehausan, kemudian Malaikat datang dengan membawa minuman yang lebih manis daripada madu, lebih dingin daripada es dan lenih wangi baunya daripada minyak misk. Ketika Sayyidah Aminah telah merasakan semakin dekat waktu melahirkan, tiba-tiba seekor burung besar berwarna putih datang, kemudian dia mengusapkan bagian dari salah satu sayapnya pada perut Sayyidah Aminah, seraya mengatakan : " Lahirlah wahai Nabi Allah!", maka lahirlah Rasulullah dengan sangat lancar dan mudah, dalam keadaan berlutut dengan mengangkat kepalanya kelangit. Karena langit adalah tempat turunnya berkah dan rahmat.

Catatan : seluruh kejadian luar biasa yang terjadi pada Sayyidah Aminah adalah Karomah dan hal itu merupakan dalil yang menunjukkan bahwa ayah dan ibu Rasulullah adalah seorang mukmin.

Forum Tanya Jawab
1. Bagaimanakah gambaran Akhlak Rasulullah?
Rasulullah sallallahu 'alaihi wasallam  adalah orang yang paling mulia akhlaknya Sehingga Allah Ta'ala memuji beliau dengan firmannya :
"Dan sesungguhnya engkau adalah orang yang berakhlak mulia" ( Q.s Al Qalam:4)
Sayyidah Aminah ketika ditanya tentang gambaran akhlak Rasulullah, beliau menjelaskan :

"Akhlak Rasulullah adalah Al Qur'an" (HR. Muslim dalam kitab Shahihnya)

Nabi Muhammad sallallahu 'alaihi wasallam adalah seorang pemberani, ditakuti musuh-musuhnya dan disegani oleh sahabat-sahabatnya. Namun demikian, beliau juga orang yang sangat rendah diri (tawadhu'), sabar, tutur katanya halus dan penuh dengan hikmah. Beliau tidak pernah menyakiti hati sahabat-sahabtanya, baik yang baru beliau kenal, maupun yang sudah lama beliau kenal. Beliau adalah seorang yang jujur, terpercaya, selalu menyambung tali silaturrohim, dermawan, selalu taat kepada Allah dimana dan kapanpun beliau berada, senantiasa berbuat baik kepada fakir miskin, anak-anak yatim, para janda dan orang-orang yang lemah, mencintai orang-orang miskin dan menghadiri janazah mereka, serta menjenguk orang-orang yang sedang sakit.

2. Bagaimana sifat-sifat fisik Rasulullah ?
Al Barra' Ibn 'Azib menceritakan :

"Rasulullah adalah orang yang paling tampan mukanya dan yang paling baik akhlaknya" (HR. Al. Bukhari Muslim dan lainnya)
Abu Hurairah menceritakan :

"Aku tidak melihat orang yang lebih tampan dari Nabi, seakan-akan matahari berjalan dimukanya" (HR at Tirmidzi dari Ahmad)

Rasulullah berperawkan sedang, tidak terlalu tinggi dan tidak terlalu pendek, mukanya bersinar bagaikan rembulan di malam purnama, kulitmya putih kemerah merahan, kedua matanya lebar, hastanya panjang, perut dan dadanya rata, keningnya luas, bulu matanya panjang dan melengkung, jenggotnya lebat dan rapi, antara satu pundak dengan pundak lainnya  berukuran lebar dan sesekali rambutnya memenjang sampai pundaknya. Ketika wafat pada usia 63 tahun, tidak tedapat lebih dari 20 helai rambut yang berwarna putih (uban), baik rambut kepala atau jenggotnya. Rasulullah aromanya selalu wangi, baik ketika memakai wewangian ataupun tidak, Nabi Muhammad Sallallahu 'alaihi wasallam adalah sosok seorang lelaki sejati. Allah memberikan kekuatan kepadanya sebanding dengan 40 orang laki-laki perkasa.

0 komentar:

Posting Komentar