Selasa, 13 November 2012

KEUTAMAAN HARI 'ASYURA


KEUTAMAAN HARI 'ASYURA
ust. Asy`ari Masduki, MA

إِنَّ هَذَا اْليَوْمَ يَوْمُ عَاشُوْرَاءَ لمْ يَكْتُبِ اللهُ عَلَيْكُمْ صِيَامَهُ فَمَنْ شَاءَ فَلْيَصُمْهُ وَمَنْ شَاءَ فَلْيُفْطِرْ
Maknanya: “hari ini adalah hari ‘Asyura, Allah tidak mewajibkan kalian berpuasa, barang siapa berkehendak untuk berpuasa maka berpuasalah dan barangsiapa tidak berkehendak maka berbukalah (tidak berpuasa)”. (HR. al-Bukhari & Muslim).

Pada hari 'Asyura terjadi banyak peristiwa bersejarah. Peristiwa bersejarah yang dimaksud antara lain:
1. Allah menerima taubat nabi Adam alayhissalam dari maksiat yang dilakukannya (makan buah pohon yang terlarang baginya). Perlu diketahui bahwa dosa yang dilakukan oleh Nabi Adam alayhissalam adalah dosa kecil yang tidak ada unsur kerendahan jiwa, dosa yang dilakukan Nabi Adam bukanlah dosa besar apalagi kufur, karena mustahil bagi Rasul melakukan kufur atau dosa besar.
2.  Allah ta'aala menyelamatkan Musa alayhissalam dan para pengikutnya dari tenggelam di laut, sebaliknya menenggelamkan Fir'aun dan bala tentaranya di laut.
3. Allah menyelamatkan perahu Nabi Nuh alayhissalam dan orang-orang mukmin yang mengikutinya. Perahu itu berlabuh di sebuah gunung di Irak yang bernama "al-Judi" setelah berada di atas air bah selama 150 hari.
4. Perang Dzaturriqa', perang Dzaturriqa' terjadi pada tanggal 10 Muharram 4 Hijriyyah. Pada perang ini Rasulullah bertindak sebagai panglima tertinggi disertai 700 orang sahabatnya, sedangkan kaum musyrikin jumlahnya jauh lebih besar. Namun demikian sebelum sempat terjadi pertempuran antara tentara Islam dan musyrikin, Allah ta'ala menciptakan rasa takut yang luar biasa pada kaum musyrikin, sehingga mereka lari tunggang langgang sebelum bertempur.
5. Gugur (syahid) nya al-Husain bin Ali radliyallahu anhu, peristiwa memilukan ini terjadi pada hari Jum'at 10 Muharram tahun 61 Hijriyyah, beliau syahid ditangan orang dzalim. Kejadian ini sangat memilukan, menyedihkan dan merupakan musibah yang sangat besar bagi kaum muslimin. Beliau adalah putra Ali dan Fatimah rodliyallahu anhuma cucu Rasulullah yang sangat mirip dengan beliau baik fisik maupun akhlaknya. Al-Husain bin Ali adalah seorang pemimpin yang sholeh, bertaqwa, wara' dan zahid. Mengenai keutamaan beliau dan saudaranya (al-Hasan bin Ali) Rasulullah shallallahu 'alayhi wasallam bersabda:
Maknanya: "al-Hasan dan al-Husain adalah sayyid (pemimpin) para pemuda di surga". (HR. Tirmidzi).
Ada beberapa faidah yang yang bisa kita ambil dari di sunnahkannya puasa pada hari ‘asyura antara lain:
1. Disunnahkannya Puasa 'Asyura menunjukkan dibolehkannya bersyukur atas nikmat yang diberikan Allah atau bala' yang dijauhkan Nya pada hari tertentu, sehingga setiap tahun pada hari yang sama bisa diulang kembali aktifitas bersyukur tersebut dengan melakukan sedekahan dan semacamnya.
2.  Disunnahkannya puasa Tasu'a adalah untuk menghindari persamaan dengan kaum Yahudi yang hanya berpuasa pada hari 'Asyura. Hal ini menunjukkan bahwasanya kita tidak boleh menyerupai orang-orang kafir dalam segala hal yang merupakan sifat-sifat khusus bagi orang-orang kafir, artinya hal itu hanya dilakukan orang-orang kafir, tidak pada hal-hal yang biasa dilakukan orang-orang muslim dan kafir secara bersamaan (tidak khusus).


 DALAM RANGKA PERINGATAN TAHUN BARU HIJRIAH 1434
AHAD 18 NOPEMBER 2012






0 komentar:

Posting Komentar